Kontak Kami

Telp: 0435 827653

Fax: 0435 821609

SMSCentre: 0823 4408 4220

Email: bkpgorontalo@yahoo.com

bkpgorontalo@gmail.com

Alamat:

Jln ex Raden Saleh, No 21, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo

Statistic

Date : 22 Oct 2014
Time : 19:51
Hit : 103
Admin : 5
Server : Linux x86_64

Apakah Hama Pada Tumbuhan dan Penyakit Pada Tumbuhan sama?

2012-02-28   Admin   Main Menu

Bagi orang - orang yang mempunyai latar belakang non pertanian, pasti mempunyai pertanyaan seperti judul di atas, itulah yang juga terlintas di benak penulis. Maka tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai Hama pada tumbuhan dan penyakit pada tumbuhan.

sebelum  mengulasnya lebih dalam, ada baiknya kita memahami apa itu Hama Tumbuhan, dan apa itu yang disebut penyakit tumbuhan.

Hama Tumbuhan adalah organisme yang menyerang tumbuhan sehingga pertumbuhan dan perkemabanganya terganggu. Hama yang menyerang tumbuhan antara lain tikus, walang sangit, wereng, tungau, dan ulat. jadi hewan juga bisa menjadi Hama pada Tumbuhan. Hama ini menyerang tumbuhan dengan cara memakan tumbuhan.

Sedangkan penyakit pada tumbuhan adalah gangguan yang terjadi pada Tumbuhan yang disebabkan oleh Virus, Bakteri, dan Jamur. Penyebab penyakit ini disebut pathogen. Berbeda dengan Hama, pathogen tidak memakan tumbuhan akan tetapi penyakit lebih merusak proses - proses perkembang biakan tumbuhan sehingga mematikan tumbuhan.

Untuk membasmi, Hama dan Penyakit pada Tumbuhan, seringkali para petani menggunakan racun-racun anti hama (pestisida). Pestisida yang membasmi serangga (hama) disebut Insektisida. Adapun pestisida yang membasmi Jamur (Penyakit) disebut dengan Fungsida.

Semoga dengan info ini, para pembaca tertambah pengetahuan, dan bersama, kita dapat mencegah hama dan penyakit dari tumbuhan atau pertanian di sekitar  kita.

Contoh Daun yang terkena Virus

 

Contoh Hama pada Tumbuhan disebabkan ulat yang memakannya

wallahualam bisawwab

Pencarian

Tools

ain.png

 

dp.jpg

Administrator

Panca Prasetya Korpri

Kami Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji :

  1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.
  3. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  4. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.
  5. Menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Copyright

Balai Karantina Pertanian
Kelas II Gorontalo
@2014